13 AGUSTUS 2015 LOMBA FOTI HUT KE 70 RI 1 edit

Kota Kupang (13/08).Dalam rangka menyambut HUT RI yang ke 70, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kupang dan Bagian Sosial Setda Kota Kupang kembali menyelenggarakan lomba “Foti”, hari ini Kamis (13/08). Lomba Foti memperebutkan piala bergilir Walikota Kupang diikuti peserta dari perwakilan SKPD dan perwakilan Kelurahan.Kegiatan ini sudah berlangsung selama dua tahun berturut-turut,sejak tahun 2014.

 

Acara yang berlangsung di lantai 1 Balaikota Kupang berlangsung sangat meriah karena diikutilebih banyak peserta dan disaksikan banyak penonton. Jalannya lomba juga disaksikan langsung oleh Walikota Kupang, Jonas Salean, SH., M.Si didampingi Sekda Kota Kupang, Bernadus Benu, SH.,M.Hum dan para pimpinan SKPD.

Tarian Foti berasal dari daerahRote yangmelambangkan kejantanan dan kebahagiaan, rupanya semakin banyak peminat. Hal ini terbukti dari meningkatnya peserta lomba dari yang tahun lalu 30 orang meningkat menjadi 70 orang pada tahun ini. Bahkan juara 1 lomba Foti tahun lalu, Yohanis Pah kembali sebagai peserta dalam perlombaan kali ini.

Para peserta lomba menari dengan sangat lincah menggunakan busana adat Rote dan topi khas yaitu Ti’i Langga diiringi alat musik gong dan gendang dari Sanggar Ti’i Langga Naikoten. Setiap peserta diberikan durasi waktu 30-60 detik untuk menunjukan aksinya di hadapan para juri dan penonton. Untuk mendapatkan juara para penari harus menyelaraskan antara gerak tangan, dan badan agar sesuai dengan iringan musik. Adapun juri yang menilai perlombaan Foti kali ini sebanyak lima orang yaitu H.E. Lae sebagai ketua dewan juri, Aram Kolifae sebagai sekretaris, Yohanes Adoe, Nusa Mandala, dan Erens Tari sebagai anggota dewan juri.

13 AGUSTUS 2015 LOMBA FOTI HUT KE 70 RI 2 editSesuai keterangan panitia, bagi juara satuperlombaan Foti pada tahun ini, selain mendapatkan piala bergilir Walikota Kupang, juga mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar tiga juta rupiah. Sementara juara dua akan mendapatkan 2,5 juta rupiahjuara tigaakan mendapatkan 1,5 juta rupiah dan untuk juara harapan satu sampai tiga akan mendapatkan masing-masing satu juta rupiah.

Walikota dalam sambutannya, merasa senang karena adanya peningkatan peserta lomba Foti pada tahun ini. Bahkan, diantara peserta juga ada pimpinan SKPD dan para pegawai lingkup Pemkot Kupang. Walikota berharap agar kegiatan ini terus diadakan setiap tahunnya dan semoga tradisi dan tarian-tarian daerah bisa diwariskan untuk generasi muda yang akan datang. (hum@spro)