Kota Kupang, (18/08/2015). Menjadi pasukan pengibar duplikat bendera pusaka (Paskibraka) di Kota Kupang harus berbangga. Hal tersebut disampaikan Walikota Kupang, Jonas Salean, SH.,M.Si dalam sambutaan saat mengukuhkan calon Paskibraka Kota Kupang tahun 2015 pada Sabtu (15/08) di lantai 1 Balaikota Kupang. 

 

Menurut Walikota, kebanggaan tersebut karena telah terpilih dari sekian banyak pelajar SMA yang ada di Kota Kupang untuk dipercayakan menjadi anggota Paskibraka dan menjadi pengibar Sang Merah Putih dalam momentum yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2015. “Ini membuktikan bahwa adik-adik memiliki nilai lebih, bahkan dianggap cakap dan mampu untuk menyatakan rasa nasionalisme dan mengungkapkan rasa cinta tanah air dalam upacara detik-detik Proklamasi,” ujarnya.

Dihadapan para orangtua Paskibraka yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota juga menyampaikan banyak hal berharga yang telah didapat oleh paskibraka Kota Kupang selama menjalani masa penggemblengan. Baik itu aspek intelektual, wawasan kebangsaan, keimanan dan kedisiplinan. Bahkan menurut Walikota, paskibraka telah memiliki sejumlah modal berharga untuk terus menekuni pendidikan untuk meraih cita-cita. “Pengetahuan baris-berbaris dan disiplin tinggi yang didapat dalam masa penggemblengan, dapat menjadi modal bagi yang bercita-cita menjadi tentara atau polisi,” ucapnya.  

15 AGUSTUS 2015 PENGUKUHAN PASKIBRAKA 2015 2 edit

Harapan Walikota, peserta Pakibraka dapat tampil beda dan menjadi contoh teladan bagi pemuda lain di daerah ini dalam mempergunakan hidup secara bertanggungjawab untuk hal-hal yang berguna. Kepada para orang tua atau keluarga dari anggota Paskibraka Kota Kupang, Walikota juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan terhadap putra-putrinya mengikuti penggemblengan menjadi anggota Paskibraka.   

Kegiatan pengukuhan tersebut ditandai dengan penyematan lencana merah putih Garuda oleh Walikota kepada pemimpin upacara dan dilanjutkan dengan orangtua Paskibraka kepada masing-masing anakserta penandatangan berita acara pengukuhan. Hadir dikesempatan tersebut, Pimpinan DPRD Kota Kupang, Marthinus Medah, SE, Sekda Kota Kupang, Bernadus Benu, SH.,M.Hum, Asisten 1 Sekda dan pimpinan SKPD terkait, para pelatih serta orangtua dan keluarga Paskibraka. (hum@s&protokol)