• 01.png
  • 02.png
  • 03.png
  • 04.png
  • 05.png
  • 06.png
  • 07.png

17 AGUSTUS 2015 UPACARA HUT RI KE-70 TINGKAT KOTA KUPANG 11

Kota Kupang (18/08). Masyarakat Kota Kupang diimbau untuk bersama membangun Kupang sebagai Kota Kasih dengan semangat “Ayo Kerja”. Imbauan tersebut disampaikan oleh Walikota Kupang, Jonas Salean, SH, M.Si dalam upacara peringatan HUT Proklamasi RI ke-70 di halaman kantor Walikota Kupang, Senin (17/8). 

 

Menurutnya tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 yaitu “Ayo Kerja” dan sub tema “Dengan Semangat Gerakan Nasional Ayo Kerja dan 70 Tahun Indonesia Merdeka, Kita Bangun Kupang Kota Kasih”  memberikan inspirasi dan motivasi kepada  semua agar selalu melakukan upaya kreatif dan inovatif dalam menggali dan meningkatkan daya saing, sehingga kita semakin mampu menyusun strategi dan menangkap peluang bisnis di era otonomi daerah saat ini.

Diakuinya tiga tahun terakhir ini perkembangan Kota Kupang mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik. Berbagai kegiatan baik skala nasional maupun internasional telah dilaksanakan di Kota Kupang dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi semua warga kota kupang. Hal ini menunjukan bahwa Kota Kupang semakin nyaman untuk dikunjungi sejalan dengan visi Pemerintah Kota Kupang, yaitu : “Mewujudkan Kota Kupang sebagai kota berbudaya, modern, produktif dan nyaman yang berkelanjutan”. Ini dapat terilihat dari beberapa capaian kinerja seperti pertumbuhan ekonomi Kota Kupang pada tahun 2013 sebesar 7,58%, kemudian terjadi peningkatan pada tahun 2014 sebesar 7,69%, dan proyeksi untuk tahun 2015 ini ditargetkan 8,1%.

Capaian lain adalah pendapatan perkapita kota kupang pada tahun 2013 sebesar 16 juta rupiah lebih  dan pada tahun 2014 mengalami peningkatan menjadi 19 juta Rupiah lebih, untuk tahun 2015 ini diproyeksikan meningkat menjadi   22 juta Rupiah. Laju inflasi Kota Kupang pada tahun 2013 sebesar 8,84%, sedangkan tahun 2014 mengalami penurunan sebesar 8,32%. Realisasi pendapatan asli daerah pada tahun 2012 sebesar 51 milyar rupiah lebih, melalui kerja keras seluruh jajaran pemerintah dalam menggali dan megembangkan segala potensi yang ada dan partisipasi aktif masyarakat, realisasi pad pada tahun 2014 mengalami peningkatan menjadi 113 milyar rupiah lebih.

Adapun capaian kinerja tersebut didasarkan pada program-program kerja yang menyentuh langsung masyarakat kota kupang, lebih khusus bagi masyarakat kota yang berpenghasilan rendah seperti pemberian dana pemberdayaan ekonomi masyarakat (pem)  sebesar 500 juta per-kelurahan. Program lainnya bantuan uang duka bagi keluarga tidak mampu sebesar 2,5 juta per-warga kurang mampu yang meninggal dunia. Ada juga Program Raskin Daerah dan BRIGADE KUPANG SEHAT (BKS)bertujuan untuk meningkatkan serta memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. dengan model layanan “jemput bola”.

17 AGUSTUS 2015 UPACARA HUT RI KE-70 TINGKAT KOTA KUPANG 31

Sebagai pengakuan atas kinerja pemerintah kota kupang, beberapa penghargaan tingkat nasional yang telah diperoleh antara lain sertifikat Wahana Tata Nugraha Dari Menteri Perhubungan RI kepada Pemerintah Kota  Kupang dengan predikat sebagai kota baik dalam bidang lalu lintas untuk kategori kota sedang; Pemkot Kupang juga menerima PKH AWARD Tahun 2014 Dari Kementerian Sosial RI atas perhatian Pemerintah Kota Kupang bagi operator dan pendamping PKH dan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI. Ada juga Predikat Kepatuhan dari Ketua Ombudsman mengenai standar pelayanan publik, sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik di mana Pemerintah Kota Kupang dinilai telah melakukan pembenahan pelayanan publik kepada warganya ke arah yang lebih baik.

Yang terbaru Pemkot Kupang baru saja menerima  Penghargaan dari Presiden RI tentang penetapan Kota Kupang sebagai Kota Layak Anak yang diterima oleh Walikota Kupang di Istana Bogor pada tanggal 11 Agustus 2015. Namun berbagai prestasi serta penghargaan tersebut tidak serta-merta membuat Pemkot Kupang berpuas diri dan hanyut dalam euforia sempit.  Karena itu Pemerintah Kota Kupang telah menetapkan tahun 2015 sebagai tahun penegakan disiplin bagi ASN dan tahun pembenahan infrastruktur secara mendasar. (hum@spro)

 

Pengumuman

Fasilitas

Pijat & SPA

Perbankan

Tempat Bermain Anak

Tempat Fitness

Biliar

Rumah Makan