Kota Kupang (05/10). Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Kupang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Buku Profil Kelurahan Tahun 2015 yang dilaksanakan di Restauran Teluk Kupang. Bimtek diikuti oleh peserta dari perwakilan kelurahan se-Kota Kupang dan dibuka oleh Asisten Pemerintahan Sekda Kota Kupang, Drs. Yoseph Rera Beka.

Profil kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagan, sarana dan prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi kelurahan. Profil kelurahan merupakan upaya untuk mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan kelurahan yang akurat, komperhensif dan integral. Demikian disampaikan panitia bimtek Meilani Sibuea, Kepala Bidang Kelembagaan Dan Sosial Budaya BPM Kota Kupang.

Dijelaskan, kegiatan bimtek yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 5-6 Oktober 2015, dilaksanakan karena masih banyak kelurahan yang belum memahami manfaat profil kelurahan, sehingga profil kelurahan yang ada belum diisi secara baik dan benar. Selain itu juga, tingkat pemahaman tentang pentingnya profil kelurahan masih rendah, juga dikarenakan karena aparat belum mengetahui cara pengisian profil yang benar.

Asisten Sekda, Drs. Yoseph Rera Beka dalam sambutannya mengatakan bahwa profil kelurahan merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap kelurahan dengan mengupdate data setiap tahun sebagai dasar penyusunan yang akurat, komperhensif dan integral apabila digunakan secara baik akan mendorong perkembangan kelurahan swadaya dan swakarya menjadi kelurahan yang swasembada karena profil kelurahan merupakan dasar dalam pelaksanaan pembangunan selanjutnya.

Dia menegaskan bahwa setiap kelurahan harus mempunyai profil tentang kelurahan. Dia juga menghimbau agar semua aparat yang terkait dengan kegiatan bimtek ini harus mengikuti setiap tahapan kegiatan ini secara baik sehingga dapat mengimplementasikannya dalam tugas pokok dan fungsi setiap hari, dan juga peserta bimtek ini bisa menjadi pelopor atau motor penggerak untuk membuat profil kelurahan di kelurahan masing-masing.

Hadir juga dalam pembukaan Bimtek Pengisian Profil Kelurahan Tahun 2015, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Kupang, Para Camat dan Lurah Se-Kota Kupang, Para Narasumber, serta Peserta Bimbingan Teknis Pengisian Profil Kelurahan Tahun 2015. (hum@s)