19-OKTOBER-2015-WALIKOTA-MEMBERIKAN-KETERANGAN-PERS-TERKAIT-KUNJUNGAN-KE-CHINA-11Kota Kupang (20/10/2015). Sebuah perusahaan asal negeri Cina, Wetern Star Inc Beijing melalui perwakilannya di Indonesia, PT. Cahaya Timur Asia menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di Kota Kupang di bidang air bersih. Demikian disampaikan Walikota Kupang, Jonas Salean, SH, M.Si kepada sejumlah wartawan, Senin (19/10) di Kantor Walikota Kupang.

Walikota baru saja kembali dari kunjungan ke Beijing bersama Dirut PDAM Kota Kupang, Noldy Mumu untuk memenuhi undangan persebut. Selain dua utusan dari Kota Kupang, turut diundang juga Bupati Gunung Kidul serta seluruh Dirut PDAM di wilayah DI Yogyakarta.

Dalam kunjungan tersebut mereka melihat langsung aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang manufakturing perpipaan, meteran dan produksi air bersih. Menurutnya dari penjelasan pihak perusahaan yang memantau lewat satelit, Kota Kupang sesungguhnya memiliki ketersediaan yang cukup besar namun belum tereksplorasi maksimal. Karena itu mereka tertarik untuk mengembangkan usaha mereka di Kota Kupang juga Gunung Kidul yang kondisi geografisnya hampir sama. Bahkan menurut Walikota dalam waktu dekat pihak perusahaan tersebut akan turun meninjau langsung di Kupang.

19-OKTOBER-2015-WALIKOTA-MEMBERIKAN-KETERANGAN-PERS-TERKAIT-KUNJUNGAN-KE-CHINA-21Menanggapi tudingan sejumlah pihak tentang dugaan gratifikasi karena perjalanan yang dibiayai perusahaan, Walikota memastikan perjalanan tersebut tidak masuk kategori gratifikasi. Pemkot belum terikat kontrak apapun dengan perusahaan tersebut. Mereka juga belum melakukan aktivitas proyek di wilayah Kota Kupang. Dijelaskannya, untuk perjalanan tersebut pihaknya sudah mengantungi izin mulai dari Gubernur NTT, Dirjen Otda juga Mensesneg. Menurut Walikota, pemerintah pusat merestui keberangkatan mereka karena seluruh pembiayaan pihak ketiga, karena jika gunakan APBD malah akan membebani keuangan daerah.

Dirut PDAM Kota Kupang, Noldy Mumu yang turut mendampingi Walikota menambahkan investor Cina tersebut ingin menanam modal di Kota Kupang karena tertarik dengan kondisi serta tata kelola air minum di kota ini, yang masih terbatas ketersediaan sumber air bakunya dan adanya konsep smart costumer yang berbasis IT di PDAM Kota Kupang. Dari hasil kunjungan tersebut menurutnya salah satu bidang kerja sama yang paling memungkinkan bagi perusahaan tersebut di Kota Kupang adalah alih teknologi instalasi air bersih.(hum@s)

Pengumuman

Fasilitas

Pijat & SPA

Perbankan

Tempat Bermain Anak

Tempat Fitness

Biliar

Rumah Makan