23 NOVEMBER 2015 REVIEW ADAT 2015 NAMOSAIN 11Kota Kupang (25/11/2015). Walikota Kupang, Jonas Salean SH,M.Si memberikan dukungan penuh terhadap ritual adat memberi makan laut yang dilakukan oleh nelayan Namosain. Atraksi adat tersebut berlangsung dalam kegiatan dengan tajuk Review Adat Pelestarian Ekositem Sumberdaya Kelautan dan Perikanan berbasis budaya lokal. Dukungan Walikota ditandai dengan dicanangkannya kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan wisata bahari dalam kalender Dinas Pariwisata Kota Kupang.

Walikota dalam sambutannya, Senin (23/11) di pesisir pantai Namosain yang sedang dibangun menjadi lokasi objek wisata bahari, mengatakan mulai tahun anggaran 2016 akan siapkan dana dalam APBD untuk kegiatan tersebut. Disampaikan Walikota, pentingnya kegiatan review adat masuk dalam kalender tahunan Dinas Pariwisata Kota Kupang karena acaranya sangat menarik sebagai atraksi budaya yang melibatkan empat etnis nelayan yang ada di kelurahan Namosain dalam menjaga ekosistem laut. Selain itu, menurut Walikota, kegiatan ini juga menjadi pembinaan bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

23 NOVEMBER 2015 REVIEW ADAT 2015 NAMOSAIN 31Sebelumnya, Lurah Namosain, Rofinus Markus, S.Pd melaporkan memberi makan laut sebagai ungkapan syukur para nelayan atas berkat rejeki yang telah diterima. Ritual memberi makan laut dilakukan dengan menghanyutkan beberapa jenis makanan tertentu (sesajen) seperti pisang raja, nasi ketan aneka warna dan ayam.

Pada kegiatan review adat 2015 tersebut didahului dengan penanandatanganan dokumen kesepakatan empat etnis masyarakat nelayan Namosain yaitu etnis Solor, etnis Buton, etnis Timor dan etnis Rote yang disebut Deklarasi Fatu Ao. Kesepakatan Fatu Ao mengatur tentang larangan-larangan beserta sanksinya. Larangan-larangan tersebut seperti dilarang membuang sampah ke laut, mengambil batu karang, pasir dan kerikil, merusak terumbu karang, membom ikan di laut, dan dilarang meracun ikan dengan menggunakan bahan kimia serta menyelundupkan orang atau barang. (Hum@s)

Pengumuman

Fasilitas

Pijat & SPA

Perbankan

Tempat Bermain Anak

Tempat Fitness

Biliar

Rumah Makan