2 DESEMBER 2015 PERINGATAN HARI BUMI 11Kota Kupang (11/12/2015). Kota Kupang belakangan ini menjadi primadona sejumlah kegiatan tingkat nasional. Salah satunya adalah Hari Bumi Nasional yang diselenggarakan pada Rabu (2/12) lalu. Kegiatan yang berlangsung di daerah Kelurahan Naioni ini dihadiri oleh Ketua Tim PKK Pusat dr. Erni Guntarti Kumolo beserta perwakilan dari sejumlah Tim PKK beberapa provinsi yang ada di wilayah region 3 Indonesia Timur antara lain Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat.

Walikota Kupang, Jonas Salean, SH, M.Si saat acara puncak, Kamis (3/12) atas nama masyarakat Kota Kupang menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Kupang sebagai tuan rumah. Diakuinya selain Hari Bumi Nasional, Kota Kupang juga dalam waktu dekat akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan sejumlah kegiatan nasional, seperti Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Hari Ibu dan Perayaan Natal bersama nasional. Karena itu pada kesempatan yang sama Walikota juga mengimbau kepada seluruh warga Kota Kupang untuk mempersiapkan diri aga menjadi tuan rumah yang baik.

2 DESEMBER 2015 PERINGATAN HARI BUMI 21Mengenai peringatan hari bumi, menurut Walikota momen ini penting terutama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan alam. Diakuinya saat ini Kota Kupang masih mengalami kendala terutama soal ketersediaan air bersih. Pemkot Kupang tengah memperjuangkan dibangunnya bendungan Kolhua.

Ketua Tim PKK Provinsi NTT, Ibu Lusia Adinda Leburaya selaku ketua panitia daerah peringatan hari bumi nasional menyampaikan pada perayaan hari bumi kali ini mereka telah menyediakan ratusan anakan pohon seperti mahoni, sengon, cendana dan trembesin.Mereka juga menyiapkan bibit sukun, jambu mete dan mangga serta bibit sayuran untuk ditanam di pekarangan warga. Selain itu panitia juga memberikan bantuan lima kolam ikan lele dengan tigan 3 ribu benih.

Panitia menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Kupang serta warga Naioni yang telah bergotong royong mendukung berlangsungnya kegiatan ini. Lusia juga menegaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi pilot project yang membuktikan bahwa PKK tidak sekedar menanam pohon saja tapi juga memeliharanya. Mereka juga memberi perhatian pada pemanfaatan pekarangan sebagai hatinya PKK.

2 DESEMBER 2015 PERINGATAN HARI BUMI 31Ketua Tim PKK Pusat dr. Erni Guntarti Kumolo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan warga Kota Kupang, terutama Lurah Naioni beserta warganya yang telah berjuang keras mensukseskan kegiatan ini. Dia berharap pohon yang ditanam ini bisa dipelihara agar membawa manfaat bagi masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah PKK ingin menghijaukan NTT. Sebelumnya kegiatan yang sama juga sudah diselenggarakan di Jawa Barat.

Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya yang turut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan hari bumi ke-45 yang dirayakan ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan apresiasi masyarakat pada bumi sebagai sumber kehidupan. Dengan menanam pohon bumi smakin sejuk dan kehidupan kita juga jadi makin sejuk. Karena itu gubernur mengingatkan beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pentingnya hemat energi dan perlunya beralih ke pemanfaatan energi terbarukan. Selain itu imbauan lainnya adalah mengurangi penggunaan plastik yang akan menjadi sampah yang sulit terurai. Mengenai tanam pohon, gubernur juga mengimbau warga agar tidak sekedar menanam saja tapi juga memeliharanya. Meski lokasi perayaan puncak Hari Bumi Nasional terletak di daerah cukup jauh dari pemukiman, namun antusiasme warga cukup tinggi terbukti dengan kehadiran sejumlah besar warga serta sambutan mereka yang ramah. (hum@s)

Pengumuman

Fasilitas

Pijat & SPA

Perbankan

Tempat Bermain Anak

Tempat Fitness

Biliar

Rumah Makan