19 NOVEMBER 2015 PENYERAHAN DANA KARANG TARUNA 11Kota Kupang (30/11/2015). Pemerintah Kota Kupang menyerahkan dana operasional sejumlah Rp 2,5 juta kepada kelompok karang taruna yang ada di sejumlah kelurahan. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang senilai Rp 1,5 juta. Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man saat acara penyerahan di aula Sasando, Rabu (25/11) mengimbau agar dana tersebut dimanfaatkan untuk usaha di sektor ekonomi produktif.

Ke depan Wawali memastikan dana operasional untuk karang taruna akan terus ditingkatkan. Direncanakan pada tahun 2016 mendatang akan naik menjadi Rp 5 juta untuk setiap kelurahan. Untuk itu Walikota berharap agar para pengurus karang taruna bisa mengelola dana tersebut secara baik dan dengan penuh itikad baik. Semua pengeluaran dan penggunaan dana tersebut agar bisa dipertanggungjawabkan secara baik sehingga nantinya tidak menjadi temuan.

Kepada para Lurah dan Camat, Wakil Walikota minta agar terus memberi perhatian dan pendampingan pada kelompok karang taruna. Dengan demikian diharapkan mereka bisa membina ekonomi kretaif, tidak hanya sekedar membuka kios tapi perlu juga merancang bagaimana membangun ekonomi kreatif dengan memanfaatkan potensi yang ada di kelurahan mereka masing-masing.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, dr. Joyce Kansil menyampaikan karang taruna memiliki tupoksi bersama dengan pemerintah serta masyarakat lainnyamenyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial terutama di kelurahan dengan mengandalkan kemandirian serta kekuatan lokal. Sebagai kepedulian terhadap karang taruna sejak tahun 2014 lalu Pemkot memberi bantuan dana operasional kepada masing-masing karang taruna. Dia berharap agar semua anggota karang taruna bisa berperan aktif dalam pengelolaan dana operasional tersebut agar bisa membantu mewujudkan visi dan misi Kota Kupang.

Senada dengan Wakil Walikota, dia menyampaikan bahwa tujuan pemberian bantuan bagi Karang Taruna ini terutama untuk pengembangan ekonomi produktif yang ada di masing-masing kelurahan. Diakuinya dari sasaran51 karang taruna di Kota Kupang untuk tahun anggaran 2015 ini yang berhak menerima dana operasional baru 20 karang taruna. 31 karang taruna lainnya tidak bisa menerima karena SPJ tahun 2014 serta proposal permohonan dana 2015 belum dimasukkan.

Adapun 31 karang taruna yang tidak menerima dana operasional tersebut antara lain, di Kecamatan Kelapa Lima: karang taruna Kelapa Lima dan Oesapa Selatan. Di Kecamatan Kota Lama, karang taruna Airmata, LLBK, Bonipoi, Solor, Merdeka, Oeba, Fatubesi, Nefonaek. Di Kecamatan Oebobo, karang taruna Liliba, Oebufu, Kayu Putih, TDM, Oebobo dan Fatululi, Kota Raja: Bakunase, Bakunase II, Air Nona, Naikoten II dan Fontein. Sedangkan di KecamatanAlak, karang taruna Mantasi, Namosain, NBD, ALak, Penkase, serta Kecamatan Maulafa, kelurahan Oepura, Naikolan, Naimata, Kolhua, Fatukoa dan Belo. (hum@s)