UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 2017 01Satu Peristiwa Nasional, Satu Peristiwa Kebangsaan yang menyebabkan bangsa kita masih eksis sebagai satu bangsa yang utuh, bangsa yang satu, bangsa yang kokoh dan teruji, bahwa ide dan nilai Pancasila dapat dilaksanakan dengan baik dalam sejarah perjalanan bangsa ini.  Demikian amanat yang disampaikan  Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man ketika menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 Tingkat Kota Kupang yang berlangsung di Lapangan Kantor Walikota Kupang, Senin (02/10/2017) dan dihadiri oleh seluruh karyawan/karyawati lingkup Kota Kupang dan instansi vertikal Kota Kupang.

 

Wakil Wali Kota menegaskan bahwa peristiwa Kesaktian Pancasila mau menunjukan kepada generasi kita, generasi penerus, generasi milenium yang hidup dalam budaya digital sekarang agar tidak pernah melupakan sejarah, karena bangsa ini hanya bersatu karena adanya Pancasila, yang hari ini kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. “Hari ini kita dapat menggali kembali sejarah perkembangan bangsa yaitu tepatnya pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno telah merumuskan Dasar Falsafah Negara Indonesia yang istilahnya diperoleh dari ahli bahasa Mr. Muhamad Yamin, yakni Pancasila. Selama itu pula Pancasila telah dipandang sebagai sistem filsafat, etika moral, politik, ideologi nasional,” tambahnya.

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 2017 02Dalam pembacaan sambutannya, Wakil Wali Kota mengingatkan sejarah akan munculnya Gerakan 30 September atau G30SPKI yang merupakan wujud usaha mengubah Pancasila dengan ideologi komunis. Pada hari itu ada enam Jenderal dan beberapa orang lainnya telah dibunuh sebagai upaya kudeta. Namun, berkat adanya kesadaran untuk mempertahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami kegagalan dan pemberontakan itu dapat ditumpas oleh TNI bersama seluruh lapisan masyarakat, bukti kesetiaan kepada pancasila.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 yakni “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”. “Maka sudah semestinya tema ini dapat memberikan kesadaran bagi kita bersama untuk meresapi nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa tersebut untuk dapat merekat erat sebagai kepribadian bangsa. hal ini sangat penting karena dengan kondisi sosiokultural yang begitu heterogen dibutuhkan sebuah ideologi yang netral namun dapat mengayomi berbagai keragaman yang ada di Indonesia,” tegasnya.

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 2017 03Turut diundang dan hadir saat itu antara lain jajaran Forkompinda Kota Kupang, Ketua Pengadilan Negeri Klas IA Kupang, Ketua Pengadilan Agama Kupang, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang, Ketua Persatuan Istri Anggota DPRD Kota Kupang, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana KODIM 1604 Kupang, Ketua Bhayangkari Polres Kupang Kota, Ketua Ikatan Adyaksa Dharmakarini Kota Kupang, Sekretaris Daerah dan Para Asisten Sekretaris Daerah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Kupang, Para Staf Ahli Walikota Kupang, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Kupang, para Camat dan Lurah se-Kota Kupang.(hum@s)

0
0
0
s2sdefault