Forum Ilmiah Kesehatan Masyarakat 01Bertempat di Aula Stikes CHMK Kelurahan Kayu Putih (Senin/02/10/17), Pengurus Daerah Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan Forum Ilmiah Kesehatan Masyarakat dengan tema  “Cerdas Untuk NTT” yang melibatkan sejumlah pimpinan daerah dan praktisi di bidang kesehatan serta dihadiri oleh mahasiswa dan masyarakat umum.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man menyampaikan Best Practice (Praktek Terbaik) Kebijakan Pembangunan Kesehatan Di Daerah Terpencil, Perbatasan Dan Kepulauan : Pengalaman dan Tantangan Ke Depan Di Kota Kupang. “Permasalahan kesehatan di Kota Kupang disebabkan karena akses air bersih di Kota Kupang baru 51 %, adanya kawasan kumuh, masalah penyakit infeksi dan degeneratif, dan kurangnya gizi yang baik untuk anak-anak”, jelas Wakil Wali Kota.

Untuk menjawab persoalan tersebut, Pemerintah Kota Kupang melakukan berbagai upaya peningkatan kesehatan seperti menggalakkan imunisasi, menekan peningkatan  penyakit malaria, kusta, TB, diare, polio, HIV/AIDS dan campak pada ibu hamil, serta adanya program pelayanan kesehatan berbasis e-KTP dan Brigade Kupang Sehat. Selain itu, juga terdapat regulasi hukum yang mendukung pelayanan kesehatan yakni Perda Kota Kupang Nomor 7 Tahun 2013, Peraturan Wali Kota Kupang Nomor 6 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 7 Tahun 2013 tentang KIBLA, dan Perda Kota Kupang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Forum Ilmiah Kesehatan Masyarakat 02Pemerintah Kota Kupang menyadari bahwa untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Kupang juga diperlukan peran serta masyarakat melalui pengaktifan kelurahan siaga, meningkatkan peran PKK dan kader posyandu dan posyandu lansia serta dasawisma. Menurut Wakil Walikota Kupang semua upaya tersebut harus dilaksanakan sehingga Kota Kupang menjadi kota yang layak huni.

Disadari oleh Wakil Walikota bahwa pemanfaatan sumber daya manusia,pengelolaan keuangan, dan komitmen yang baik merupakan faktor penting dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Kupang. (Hum@s)

0
0
0
s2sdefault