IMG 8234Bertempat di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang, Selasa 04 Oktober 2017 Pukul 09.00 Wita, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Sosial Kota Kupang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data KKS Rastra sekaligus penyerahan Aplikasi Sistim Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation Basis Data Terpadu (SIKS-NG BDT) untuk 6 Kecamatan dan 51 Kelurahan. Secara simbolis penyerahan aplikasi dan tanda tangan MoU di wakili oleh Camat Kota Lama dan Lurah Kelapa Lima. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, Kepala Bappeda Kota Kupang, para Camat dan Lurah lingkup Pemerintah Kota Kupang.

IMG 8246Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Drs. Felisberto Amaral dalam laporan panitianya menyampaikan bahwa pelaksanaan pemutakhiran dengan cara verifikasi dan validasi data KKS ataupun BDT merupakan kewenangan Pemerintah Daerah sesuai perundang-undangan, demikian juga pelaporan pendaftaran atau perubahan data secara berjenjang dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi dan kementerian sosial. Pemutakhiran data KKS rastra ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa penerima rastra saat ini di kelurahan menjadi up to date, akurat, terintegrasi dan valid. Pemutakhiran data ini juga dalam rangka mentransformasikan bantuan sosial dari bantuan pangan tunai ke bantuan pangan non tunai sesuai Perpres 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai yang akan direalisasikan pada Tahun 2018. Setelah verifikasi dan validasi data, maka operator Dinas Sosial Kota Kupang akan menginputnya dalam aplikasi SIKS-NG offline dan dikirimkan kepada supervisor dari Dinas Sosial Provinsi yang akan mengupload semua file hasil export dari semua kelurahan melalui Aplikasi SIKS-NG secara online untuk dikirim ke Pusdatin Kementerian Sosial RI, sehingga hasil pemutakhiran data ini terekam dalam Basis Data Terpadu KKS rastra tahun 2017 dan tahun 2018.

IMG 8234Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man dalam arahannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengurangi keluhan-keluhan masyarakat tentang apakah warga tersebut masuk dalam kategori miskin atau tidak. Ini merupakan upaya strategis sehingga nanti ke depan dalam pembahasan mengenai warga miskin data yang diperoleh dari satu pintu, yakni melalui aplikasi SIKS-NG yang dikelola oleh Dinas Sosial Kota Kupang. Diharapkan Dinas Sosial dapat mencatat secara akurat dan valid keluarga hampir miskin dan penerima rastra. Keluarga hampir miskin yang dimaksud adalah warga yang sudah bekerja tapi penghasilannya masih dibawah garis kemiskinan. Wakil Wali Kota Kupang berharap kegiatan berjalan sukses dan aplikasi ini segera dilaksanakan. (hum@s)  

0
0
0
s2sdefault