Kota Kupang (06/10/2017). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang  menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah dalam rangka Penyusunan Rencana Kontijensi dan Uji Lapangan di Kota Kupang bertempat di Ruang Garuda Lantai 2 Kantor Wali Kota Kupang, Jumat 06 Oktober 2017 pukul 10.00 Wita. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man dan dihadiri oleh  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah antara lain Dandim 1604 Kupang, Wakapolres Kupang Kota dan Kepala BMKG Kota Kupang serta lembaga yang terkait seperti Basarnas NTT dan perwakilan ORARI.

Kepala BPBD Kota Kupang melalui laporan panitia menyampaikan bahwa ada 9 jenis bencana yang terjadi di Kota Kupang, tetapi ada 2 jenis bencana yang paling penting untuk dihadapi yaitu gempa bumi dan tsunami. Kesiapsiagaan terhadap kedua jenis bencana tersebut diprioritaskan karena dapat memberikan dampak yang besar dan terjadi secara cepat. Untuk itu Pemerintah Kota Kupang melalui BPBD ingin mengajukan proposal ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rangka upaya menurunkan indeks resiko bencana. Indikator lain yang harus dilakukan adalah membentuk sekolah aman bencana serta kelurahan tanggap bencana. BPBD Kota Kupang berharap indeks resiko bencana dapat mencapai target pada tahun 2019, untuk itu dibutuhkan dukungan dana dan moril dari pemerintah agar upaya ini dapat tercapai karena BPBD sendiri masih butuh biaya dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Wakil Wali Kota Kupang dalam sambutannya menyampaikan bahwa rencana kontijensi ini adalah membuat sebuah bencana seolah-olah terjadi, tetapi belum tentu terjadi, sebagai contoh tsunami. Oleh karena itu, harus ada uji lapang yang merupakan protapnya, minimal harus ada 1 kejadian atau skenario untuk penanggulangan tsunami. Misalnya berapa korbannya, berapa area yang terkena dampak tsunami dan lain-lain serta langkah-langkah yang diambil dalam penanggulangan bencana tersebut. Menurut beliau kegiatan ini perlu diapresiasi dan dipikirkan skenarionya yang akan dilakukan dalam rencana kontijensi tersebut. (Hum@s)

IMG 8806 IMG 8811
0
0
0
s2sdefault