IMG-20171101-WA0005Pesatnya pembangunan Kota Kupang berimbas pada berkurangnya ruang terbuka hijau sebagai akibat perubahan peruntukan ruang terbuka hijau menjadi kawasan pemukiman, industri, perdagangan dan lain – lain. Perubahan ini mengakibatkan menurunnya kualitas dan daya dukung lingkungan perkotaan. Lahan di sepanjang Kali Dendeng yang semula merupakan kawasan hutan menjadi kawasan pemukiman, industri dan perdagangan berdampak negatif terhadap kuantitas dan kualitas air Kali Dendeng.

    Penetapan status badan air Kali Dendeng sebagai air baku untuk produksi air minum memerlukan upaya pengendalian kualitasnya dengan menetapkan besar limbah yang boleh dibuang ke badan air sungai ini disesuaikan dengan debit air sungai yang ada. Kualitas air yang terus menurun menjadi permasalahan tersendiri sebagai sumber air bersih, kesehatan masyarakat dan kehidupan ekologis biota air.

   IMG-20171101-WA0004 Berangkat dari berbagai fenomena tersebut Pemerintah Kota Kupang melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang sesuai dengan tupoksi dan program yang telah ditetapkan melakukan Kajian Strategi Pengendalian Pencemaran Sub Daerah Aliran Sungai Kali Dendeng Kota Kupang untuk merumuskan dan memberikan masukan berupa rekomendasi kepada Wali Kota Kupang guna pengambilan kebijakan pengendalian pencemaran Kali Dendeng.

    Bertempat di Hotel Swiss – Bellin Kristal Kupang (Selasa,31/10/17) kegiatan Seminar Akhir Kajian Strategi Pengendalian Pencemaran Sub Daerah Aliran Sungai Kali Dendeng Kota Kupang berlangsung. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man, Anggota DPRD Kota Kupang, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kota Kupang, Para Camat dan Lurah se – Kota Kupang.

    Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut mengatakan perkembangan penduduk di perkotaan berimbas pada berkurangnya ruang terbuka hijau menjadi kawasan pemukiman, industri, perdagangan dan lain sebagainya yang menyebabkan berkurangnya cadangan air tanah. Perubahan ini mengakibatkan kualitas dan daya dukung lingkungan perkotaan yang mengakibatkan terjadinya banjir, pencemaran air, polusi udara dan kerusakan – kerusakan lainnya. Melalui pengendalian pencemaran sunber daya air pada sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Dendeng ini kiranya kelestarian sumber air yang ada pada area ini dapat terlindungi dan dimanfaatkan untuk pemenuhan air baku bagi warga Kota Kupang. semoga dengan adanya penelitian ini membawa dampak dampak positif bagi warga yang ada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Dendeng maupun stake holder lainnya yang berkepentingan untuk lebih peduli dalam melindungi sumber – sumber air yang ada demi memberi hidup kepada generasi yang akan datang.

    Tujuan pelaksanaan ini yakni menentukan kondisi eksisting fisik dan kimia perairan Kali Dendeng dan menganalisis kualitas perairan Kali Dendeng serta menentukan beban pencemaran berdasarkan parameter kualitas air, mengidentifikasi sumber dan jenis pencemaran di dalam air limbah dan air sungai, mengidentifikasi perilaku masyarakat di sekitar Kali Dendeng dalam membuang air limbah serta pemanfaatan air Kali Dendeng, dan mengidentifikasi peran berbagai stakeholder baik Pemerintah maupun masyarakat di sekitar Kali Dendeng dalam mewujudkan keberlanjutan pemanfaatan, pengelolaan dan perlindungan terhadap sumber daya air Kali Dendeng. (Hum@s)

0
0
0
s2sdefault