Makanan dan gaya hidup sehat tentunya berperan sangat penting bagi kesehatan tubuh kita termasuk bagi kesehatan otak juga. Otak seperti halnya kulit badan atau organ tubuh lainnya memerlukan asupan nutrisi yang kita dapat dari kuliner atau makanan yang kita konsumsi. Semakin sehat gaya hidup dan menu makanan yang kita miliki maka semakin sehat juga otak kita.

Seringkali kita temui kasus khususnya bagi anak-anak sekolah yang Sulit konsentrasi saat belajar di sekolah, hal ini bukan semata-mata disebabkan oleh pola asuh orangtua tetapi juga karena pola makan dan asupan gizi kuliner yang kurang memadahi. Para orangtua dalam hal ini dituntut tidak hanya memberikan pola asuh yang baik tetapi juga membentuk gaya hidup sehat dan memberikan nutrisi yang cukup karena masa kanak-kanak adalah masa dimana sel otak anak sedang berkembang. Berikut adalah jenis kuliner yang baik untuk perkembangan dan kesehatan otak.

Sebenarnya makanan bernutrisi untuk perkembangan otak tidak hanya perlu bagi anak-anak tetapi juga bagi orang dewasa dan ini tidak harus mahal karena nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dari jenis kuliner yang mudah didapat dan murah contohnya adalah ikan. Ikan mengandung asam lemak Omega 3 dan secara klinis sangat baik untuk pertumbuhan sel otak terlebih lagi apabila diikuti dengan pola gaya hidup sehat. Omega 3 ini banyak ditemukan pada beberapa jenis kuliner berbahan dasar ikan mulai dari ikan salmon, sarden, tuna dan sebagainya. Disarankan untuk membiasakan untuk membentuk gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan bernutrisi tinggi ini untuk perkembangan dan kesehatan otak.

Jenis kuliner lainnya yang murah dan mudah didapat adalah bayam. Bayam kaya akan vitamin B9 yang bisa membantu daya ingat atau memori dan tentunya penting bagi kecerdasan anda. Apabila anda orang yang kurang menyukai sayur-sayuran maka anda perlu mengubah pola pikir dan gaya hidup anda agar beralih kepada sayuran yang satu ini.

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga sangat murah dan mudah di dapat karena tersedia banyak di pasar-pasar baik modern maupun tradisional. Brokoli mengandung banyak nutrisi mulai dari antioksidan, vitamin C hinga betakaroten yang penting bagi kesehatan otak. Brokoli juga bisa dibuat menjadi berbagai jenis kuliner mulai dari tumis sampai sup jadi apabila anda bukan tipe orang yang suka dengan brokoli anda bisa membuat berbagai jenis masakan apapun yang berbahan dasar brokoli agar anda tertarik untuk membentuk gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi brokoli.

Bahan makanan atau menu kuliner lainnya yang sangat murah dan baik untuk kesehatan otak adalah pisang. Pisang mengandung banyak magnesium dan kalium yang penting untuk meningkatkan transmisi saraf otak dan tubuh. Tentu saja pola gaya hidup yang sehat dan berimbang seperti olahraga, istirahat dan tidur diperlukan juga untuk kesehatan otak dan tubuh kita.

0
0
0
s2sdefault