Buah sukun (Artocarpus altilis) merupakan buah yang empuk dan tidak mempunyai biji. Pohon sukun dapat tumbuh mencapai 30 meter, meskipun jika di pedesaan hanya dapat tumbuh mencapai belasan meter. Buah tanpa biji ini kaya akan kandungan karbohidrat yangtentunya baik untuk asupan nutrisi tubuh. Meskipun begitu, buah sukun belum banyak diberdayakan oleh masyarakat. Hal ini disebabkan belum banyak yang mengetahui beragam khasiat dan manfaat buah sukun. Oleh karena itu, berikut ini penulis paparkan khasiat yang terkandung dalam buah sukun.

  • Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Buah sukun kaya akan kandungan serat yang jumlahnya jauh melebihi beras. Kandungan serat yang tinggi ini membuat buah sukun sangat baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah sukun secara teratur, ternyata dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi.

  • Menurunkan Berat Badan Berlebih

Bila pembaca mempunyai berat badan tubuh yang berlebih alias obesitas, mengkonsumsi buah sukun secara rutin merupakan salah satu langkah tepat untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan jumlah kalorinya yang rendah, sehingga tidak membuat badan menjadi gemuk.

  • Menangkal Radikal Bebas

Salah satu khasiat dan manfaat buah sukun adalah melindungi kesehatan tubuh dari berbagai radikal bebas. Hal ini dipicu oleh kandungan anti-oksidan dalam buah sukun yang tinggi. Salah satu anti-oksidan yang dikandung oleh buah sukun adalah vitamin C. Jumlah kandungan vitamin C dalam buah sukun lebih banyak dibanding buah pisang ataupun nangka. Dengan rutin mengkonsumsinya, tubuh akan terhindar dari penuaan dini.

  • Menyeimbangkan Tekanan Darah

Buah sukun kaya akan kandungan potasium dan mineral yang membantu tubuh dalam mengatur tekanan darah.

Beragam khasiat dan manfaat buah sukun tersebut, tentunya membuat kita merasa rugi jika tidak memberdayakannya dengan baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memberdayakan buah sukun adalah mengolahnya menjadi kudapan yang lebih menarik untuk dikonsumsi. Dengan begitu, masyarakat menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsi buah sukun dan meraih hidup yang sehat.

0
0
0
s2sdefault