lurah penfui

Kelurahan sebagai organisasi Pemerintah yang paling dekat dan berhubungan langsung dengan masyarakat merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan kota, dimana kelurahan akan terlibat langsung dalam perencanaan dan pengendalian pembangunan serta pelayanan. Dikatakan sebagai ujung tombak karena kelurahan berhadapan langsung dengan masyarakat. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya selaku ujung tombak penyelenggara urusan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan serta urusan lain yang dilimpahkan Walikota, berpedoman pada Peraturan Pemerintah, dan peraturan daerah serta peraturan dan keputusan Walikota. Disamping itu peran kelurahan di atas menjembatani program-program pemerintah untuk disosialisasikan kepada masyarakat sehingga dapat dipahami dan didukung masyarakat. Pemerintah kelurahan Penfui memiliki tanggung jawab yang cukup berat, oleh karenannya pemerintah kelurahan beserta oerangkatnya dituntut untuk memaksimalkan kinerja dalam memainkan peran dan fungsi tugas masing-masing. Hal tersebut berkenan dengan kewenangan yang dimiliki kelurahan yang cukup luas dan kompleks. Mengacu pada kewenangan yang dimiliki, perlu menjadi perhatian dan pemahaman bersama antara lurah beserta perangkatnya dalam memainkan peran dan fungsi tugas masing-masing sesuai dengan kewenangan yang dimiliki berdasarkan peraturan yang berlaku. Pelaksanaan tugas pemerintah kelurahan akan dapat terlaksana optimal apabila secara kelembagaan didukung dengan perencanaan dan tatalaksana yang baik, sumber daya aparatur yang berkualitas, serta sistem pembiayaan yang proporsional. Setiap kegiatan yang direncanakan harus mengacu dan mendukung program-program dari pemerintah serta dapat diterima dan didukung oleh masyarakat setempat.

Visi :

Terwujudnya tata pemerintahan yang baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan dalam masyarakat

Misi :

  • Mengoptimalkan kapasitas kelembagaan pemerintahan
  • Menumbuhkembangkan kelembagaan masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan
  • Memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam pembangunan.
  • Mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing
  • Kelurahan Penfui adalah salah satu Kelurahan yang tergabung dalam wilayah  Kecamatan  Maulafa Kota Kupang, berdasarkan Undang – Undang Nomor 5 Tahun 1996 Tanggal 25 April 1996 tentang  terbentuknya Kotamadya Kupang. Adapun pemimpin Penfui dari masa temukung sampai menjadi kelurahan adalah:

Masa Temukung

  • Yunus   Henuk   ( 1964 -  1972 )

Masa  Desa  

  • Yohanes  Fernandes  (  1972 -  1976 )
  • I  Wayan Muliarta    ( 1976 -  1978 )
  • Paulus  Suek   ( 1978 -  1996 )

Masa Kelurahan

  • Paulus  Suek   ( 1996 -  1998 )
  • Yunyung   Wahyudi   ( 1998 – 2007 )
  • Yuven Bato Beribe, S.Sos  ( 2007 -  2013 )
  • Heribertus  Jebarus, S.Ip   ( Juni 2013 – Sekarang )

Keadaan Geografis

Kelurahan Penfui merupakan salah satu dari  9 Kelurahan yang berada dalam wilayah Kecamatan Maulafa Kota Kupang dan berada pada bagian timur Kecamatan Maulafa. Kelurahan Penfui juga merupakan kelurahan dengan bentang wilayah yang datar dan merupakan batas wilayah antara Kelurahan Penfui dengan Kelurahan dan desa lainnya.

Luas Wilayah ( Batas – Batas )

Adapun luas dari wilayah Kelurahan penfui adalah  ± 13,4 Km dan batas wilayah Kelurahan Penfui yaitu :

  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa  Baumata
  • Sebelah Barat  berbatasan dengan  Kelurahan  Naimata
  • Sebelah  Utara  berbatasan dengan   Kelurahan  Liliba
  • Sebelah  Selatan  berbatasan dengan  Desa  Oeltua

 Kependudukan

Penduduk kelurahan penfui terdiri dari berbagia suku dan agama antara lain suku Timor, Flores, Belu, Rote, Sabu, Sumba, Alor, Jawa, Makasar, Bugis, Ambon yang  penyebarannya tidak secara merata pada RT/RW  yang ada dalam wilayah Kelurahan Penfui dengan pemeluk agama terbesar adalah Katholik, Kristen Protetan, Islam, Hindu dan Budha.  Penduduk Kelurahan Penfui  70 %   adalah penduduk yang menetap sedangkan 30 %  adalah pendatang yang terdiri dari pencari kerja  dan yang melanjutkan pendidikan sehingga untuk mengontrol mobilisasi penduduk maka, setiap pengurusan surat menyurat di kantor kelurahan wajib membawa surat pengantar dari RT yang diketahui oleh RW yang bersangkutan. Mata pencaharian penduduk kelurahan penfui adalah Pegawai Negeri Sipil,Keryawan Swasta, Pengusaha, Pedagang, Wiaraswasta, Tani dan Buruh. Secara keseluruhan  jumlah  penduduk  kelurahan  Penfui  sebesar  4466  jiwa dengan jumlah KK  1.051

Sumber: Kelurahan Penfui (Feb. 2014)

0
0
0
s2sdefault