Foto:PKP_ddy

Mengawali tugasnya hari ini, kira-kira pukul 6.40 pagi, Rabu (25/1), Penjabat Walikota Kupang, George M. Hadjoh, SH, mengunjungi SD Negeri Danau Ina, Jl. Suratim, Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima guna memantau aktivitas di sekolah sekaligus kebersihan lingkungannya.

Tepat pukul 7, namun belum satu pun guru yang tampak, sementara di halaman hanya terlihat murid-murid yang siap menuntut ilmu. Penjabat Walikota kemudian bergerak mengajak anak-anak untuk bersama mengitari halaman dan beberapa sudut sekolah sambil memungut sampah yang terlihat.

Pada berbagai kesempatan, Penjabat Walikota meminta agar dalam kurikulum sekolah anak-anak perlu diajari tentang kebersihan lingkungan mencakup pemilahan dan pengolahan sampah, “anak-anak perlu didorong untuk memahami akan pentingnya kebersihan lingkungan, tidak saja berupa teori namun praktik setiap hari sehingga menjadi kebiasaan, mereka perlu diberi tanggung jawab terhadap lingkungan sejak di bangku pendidikan dini supaya terbawa sampai kapan pun di manapun. Tidak hanya tentang menjaga lingkungan dari sampah, tapi bagaimana memilah dan mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna bahkan bernilai”, ujar George.

Menurutnya, selain ASN, anak-anak sekolah juga dapat didorong menjadi local champion atau agen penggerak yang mampu memotivasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. *PKP_nt*

Rilis dari Bagian Prokompim Setda Kota Kupang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *